Saturday, August 15, 2009

ES GOYOBOD(T) DARI TANAH SUNDA

Beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Bandung (untuk kesekian kali), dan mampir di daerah Cihampelas, aku baru tahu kalau Bandung ternyata juga punya minuman khas sendiri. Namanya es Goyobod atau Goyobot.

Di Bandung biasanya banyak dijajakan berkeliling. Es Goyobod(t) sebenarnya adalah minuman semacam es campur yang berisi alpukat, kelapa, nata de coco, agar-agar serut, cincau hitam, kolang-kaling, potongan agar-agar, es serut, ketan hitam, dan adakalanya dihiasi sebatang astor di atasnya.


Warna minuman ini benar-benar sesegar rasanya. Rasanya membelai lidah. Potongan hunkwe (hangkue) nya lembut, kelapa mudanya juga betul-betul muda, disiram kuah dari gula aren, segar banget. Cocok kalau diminum saat cuaca panas untuk penghilang dahaga. Apalagi untuk berbuka puasa, mantap toh.

Es Goyobod dapat dinikmati di daerah Cihampelas dan Jalan Kliningan Bandung. Kalau gak sempat ke Bandung, kamu juga bisa membuatnya sendiri, siapa tahu lebih nikmat. Ini dia nih resepnya yang diambil dari Tabloid Nova.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More