Sunday, February 19, 2012

CATHERINE TRAMELL DAN ANGIE, DI MANA KESAMAAN MEREKA?

Kesaksian Angie kemarin membuat saya teringat dengan Catherine Tramell di film “Basic Instinct”. Catherine dalam film itu tak hanya cantik dan pintar dalam artian sebenarnya, dia juga pintar berbohong dan mengelabui Detektif Nick Curran yang menyelidiki kasus pembunuhan sadis yang melibatkan Catherine. Bahkan, mesin pendeteksi kebohongan pun tak mampu mendeteksi kebohongan Catherine saat Nick Curran (diperankan oleh Michael Douglas) menginterogasinya di sebuah ruang interogasi. Padahal, di ruang itu Nick tak sendiri, dia juga didampingi oleh beberapa rekannya yang lain. Pertanyaan mereka dalam penginterogasian itu bertubi-tubi menyerang Catherine. Namun, perempuan cantik itu dengan tenang menjawab semua pertanyaan anggota FBI tersebut sambil tersenyum menggoda.

Adegan penginterogasian tersebut memang paling kontroversial di film Basic Instinct itu. Bukan apa-apa, saat diinterogasi, Catherine Tramell yang diperankan oleh Sharon Stone tak memakai celana dalam sama sekali. Apakah ini trik dari Catherine agar para detektif itu tak konsentrasi dengan penginterogasiannya? Mungkin saja, banyak cara yang dilakukan para penjahat seperti Catherine agar lepas dari hukuman, termasuk trik murahan tadi. Trik tanpa celana dalam itu memang berhasil, Nick dan teman-temannya sering menghela napas dan keringatan, sesekali mereka juga melirik ke arah selangkangan Catherine dengan penuh birahi dan salah tingkah. Cuma Nick yang berusaha tetap tampil tenang. Selesai interogasi, Nick tak mendapatkan cukup bukti atas keterlibatan Catherine dalam pembunuhan sadis yang diselidikinya tersebut, meski nuraninya berkata lain dan yakin kalau Catherine adalah pelaku tunggalnya.

Kecurigaan Nick tersebut membuatnya terus mengintai Catherine dan mencari bukti dan saksi lain hingga Nick terlibat affair dengan Catherine, dengan dalih ingin mengenal kepribadian Catherine lebih jauh dan ingin mengungkap kejahatannya. Tapi apa daya, Nick hanya laki-laki biasa yang tak mampu menahan godaan Catherine. Di akhir cerita, Nick hanya mampu mengungkap kejahatan perempuan lain yang dia sangka pelaku utamanya, dan Catherine pun bebas tanpa kecurigaan Nick. Hanya penonton yang tahu kalau Catherine adalah pembunuh sesungguhnya.

Apa kesamaan Angie dengan Catherine? Kalau dicari-cari kesamaan itu memang ketemu juga. Angie dan Catherine Tramell sama-sama cantik, pintar, dan cerdas. Kesaksian mereka pun sama-sama diragukan kalau tak ingin dituding pembohong. Seperti halnya Catherine yang terlibat affair dengan Nick si penyelidiknya, Angie pun sempat (diisukan) terlibat affair dengan Komisaris Polisi Brotoseno, mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Angie dan Catherine juga sangat memperhatikan style mereka saat berhadapan dengan hukum. Angie berbusana rapi dan sederhana saat tampil sebagai saksi di sidang pengadilan Nazaruddin tanggal 15/02/2012 Rabu kemarin itu. Walau penampilan Angie jauh sekali dari gaya busana biasanya yang sering terlihat glamour namun masih kelihatan high class. Catherine Tramell pun demikian, dia tetap simple meski terlihat wah dan angkuh saat menghadapi para penyidik yang sangar-sangar dan ditakuti.

Namun, ending kisah mereka tentu saja berbeda. Catherine Tramell tetap bebas dari jeratan hukum, malah dia menjalin affair dengan Nick, hingga membuat Nick jatuh cinta. Bagaimana dengan Angie? (Gossip) hubungan Angie dan Brotoseno sudah tak terdengar lagi. Perjalanan kisah Angie pun masih panjang, meski di scene awal Angie sudah dituding pembohong dan diragukan.

Catatan:
Tulisan ini pernah saya posting di Kompasiana

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More