Sunday, February 10, 2013

KENAL POLE DANCE GARA-GARA YOHANNA

Pole Dance, awalnya saya mengernyitkan dahi, tanda tak mengerti dengan tarian tersebut, namanya masih asing di telinga saya. Ketika menyaksikan Yohanna Harso di ajang pencarian bakat IMB (Indonesia Mencari Bakat) 2013 di Trans TV, saya baru ngeh ternyata Pole Dance itu pernah saya lihat di beberapa film Hollywood, yang menampilkan penari-penari striptease yang menari dengan bantuan sebatang tiang sambil meliuk-liukkan tubuhnya. Dengan busana yang sangat minim dan too sexy, penari-penari striptease wanita itu menggerakkan anggota tubuhnya dengan gerakan yang dapat merangsang setiap pria yang menyaksikannya. Tak heran, kalau sebagian besar orang termasuk saya menganggap Pole Dance itu berstereotip negatif, karena biasa dilakukan oleh penari-penari telanjang (striptease) di bar-bar malam.

Namun, gara-gara Yohanna Harso, Pole Dance menjadi sebuah tarian indah bernilai seni tinggi yang membutuhkan keahlian dan kecakapan sendiri untuk melakukannya. Berbagai gerakan dalam tarian tersebut menggunakan teknik unik dan sulit yang mengandalkan kekuatan otot tangan dan kaki agar bisa meliuk-liuk di sebatang tiang atau tongkat, seolah sang penari melayang di udara sambil berputar-putar.

Anggapan negatif terhadap Pole Dance pun serta-merta berhasil ditepis dari pikiran saya yang suka ngeres ini. Dalam sebuah wawancara, Yohanna mengaku kalau ia ingin memperkenalkan pole dancing sebagai jenis olahraga baru di tanah air. Dan saya harus mengakui juga, niat Yohanna itu sepertinya berhasil karena dapat mengubah imej Pole Dance menjadi positif di mata saya sebagai orang awam.

1 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More